Apa Itu Teknologi Nano?

Tidak asing di telinga kita mendengar kata teknologi nano, tetapi tahukah kalian apa itu teknologi nano? Teknologi nano merupakan ilmu mengenai masalah pengendalian pada skala molekul dan atom atau skala nanometer. Nanometer adalah skala panjang yang sama dengan 1:1.000.000.000 meter. Ukuran nanometer ini tidak bisa dilihat oleh mata manusia karena sangat kecil sekali. Ukuran ini bahkan lebih kecil dari satu helai rambut manusia, harus menggunakan alat bantu untuk melihatnya.

Teknologi nano sangat berkaitan erat dengan bidang-bidang ilmu seperti biologi, fisika, elektronik, dan lain-lain. Teknologi nano merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik di masa depan. Di era sekarang masih belum banyak orang yang paham tentang teknologi nano demi kepentingan kehidupan manusia. Contoh sederhana teknologi nano adalah membuat air yang kotor menjadi air bersih. Air bersih sangat dibutuhkan dalam kehidupan tetapi persediaannya masih kurang, teknologi nano inilah yang bisa mengubah air kotor menjadi air bersih yang layak konsumsi.

Teknologi nano juga memiliki dampak-dampak yang sangat berpengaruh. Berikut dampak dari teknologi nano :

1. Teknologi nano dapat mengubah lingkungan menjadi lebih bersih dengan menggunakan teknologi baru atau metode baru dalam permurnian air dan penghilang kotoran air tanah atau pun tanah.

2. Dalam bidang energi telah didapat teknologi seperti kincir angin yang lebih kuat dan ringan, mobil yang menjadi lebih ringan karena hematnya penggunaan bahan bakar, serta solar cell yang lebih efisien.

3. Dalam bidang otomotif telah dibuat jendela mobil anti kabut, komponen-komponen mobil yang lebih kuat, smart tires atau ban pintar, serta lainnya.

4. Dalam bidang kesehatan teknologi deteksi dan penanganan kanker menjadi lebih baik dan mudah, dan kondisi medis yang lain.

5. Dalam bidang pertahanan ada teknologi sensor dalam deteksi senjata kimia dan biologi. Selain itu, teknologi nano menghasilkan sesuatu dengan performa yang tinggi dan diterapkan dalam bidang pertahanan.

6. Lebih dari 5 juta orang saat ini telah bekerja di perusahaan bidang pengembangan teknologi nano. Pasar teknologi nano di dunia saat ini juga sudah mencapai 1 milyar dolar.
Peran teknologi nano dalam bidang teknologi dan informasi sangat berpengaruh besar dan tidak diragukan lagi, seperti komputer yang bisa mengakses data dengan begitu cepat, kapasitas hardisk dan RAM yang semakin besar, telepon genggam yang semakin fleksibel dan bertambah manfaat, serta lainnya. Secara garis besar manfaat teknologi nano pada bidang teknologi dan informasi ada 3, yaitu :

1. Penambahan kepadatan jumlah device, dalam satu contoh jika sebuah transistor dapat dibuat dengan lebih kecil maka kepadatan jumlah transistor dalam suatu chip semakin banyak. Tahun 2005 Intel meluncurkan 70 megabit SRAM yang dibuat dengan teknologi nano sehingga pada chipnya terdapat lebih dari 500 juta buah transistor.

2. Memungkinkannya aplikasi efek kuantum yang berarti ukuran material jika mencapai satuan nanometer, maka secara otomatis akan muncul fenomena-fenomena baru dalam fisika. Fenomena yang unik ini menjadi perhatian oleh banyak ilmuwan untuk diterapkan dalam teknologi elektronika.

3. Berikutnya adalah penambahan fungsi baru pada sebuah sistem. Maksudnya adalah membuat material yang sama tetapi dalam ukuran kecil. Contoh dalam pembuatan mata buatan yang berfungsi untuk menangkap cahaya menjadi sebuah informasi yang kemudian diolah.
Teknologi nano memang memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia di masa depan. Perlu bagi kita mengembangkan teknologi nano tetapi jangan sampai teknologi nano digunakan untuk hal-hal yang negatif atau tidak berguna.