Cara Membeli HP Bekas Agar Tidak Tertipu

Cara Membeli HP Bekas Agar Tidak Tertipu
Smartphone adalah salah satu alat yang diciptakan guna untuk mempermudah orang dalam berkomunikasi dimana dengan adanya telepon bisa berkomunikasi sangat leluasa mulai dari antar kota bahkan dunia. Di era kecanggihan teknologi masa kini HP sudah sangat berkembang, untuk peminatnya juga semua orang tidak memadang usia.

Ketika sebuah produk smartphone dengan sepesifikasi yang muanteps maka kalian akan tergiur dengan kecanggihan hp tersebut dan berangan-angan untuk membelinya, jadi untuk smartphone yang lama di tinggalkan atau dijual ke temen, keluarga atau melalui sosial media. sekarang banyak kok group-group dalam facebook yang memang khusus untuk media jual beli online, namun dalam hal ini barang yang dijual tidak menjamin kualitas tapi setidaknya kalian bisa dicek terlebih dahulu barang yang ingin di beli.

Bagi kalian yang ingin membeli sebuah ponsel melalui media sosial harus teliti dalam mengeceknya, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tertipu. Banyak kejadian membeli barang hasil COD rusak , seperti pada saat di lokasi teresebut barang memang normal-normal saja akan tetapi saat dirumah barang error, berarti itu menandakan kalian belum mengeceknya 100%. Pembahasan kali ini saya akan memberikan arahan beberapa komponen yang harus di cek saat membeli suatu barang melalui media sosial facebook (COD).

Sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit apa COD itu, Orang diluar sana asal ngmng saja melainkan tidak mengerti kepanjangan dari sebuah singkatan yang dia ucapkan. Berhubung disini saya ngmng COD maka saya akan menjelaskannya.

Apa sih COD itu?

COD merupakan kepanjangan dari Cash On Delivery diman sebuah transaksi (jual beli) yang metode pembayarannya bayar di tempat. jika kalian bingung saya akan mengilustrasikannya di bawah ini:

Misal :
Radit ingin membeli sebuah ponsel dan cocok dengan postingan orang yang ada di facebook, radit langsung chat pribadi orang yang menjual ponsel yang tadi. Setalah itu mereka sudah sepakat bahwa ingin bertemu di suatu tempat untuk melakukan transaksi.

Secara otomatis Radit jika sudah cocok maka ia akan membayar smartphone langusng di tempat maka itu yang dinamakan dengan COD. Penting yang harus anda perhatikan saat melakukan COD silahkan bisa baca 7 Tips Aman Jual Beli Barang Melalui Media Sosial Online atau COD (Bayar Ditempat)

Beberapa Komponen  Hp yang Harus Kalian Cek Saat Membeli Barang Melalui Media Sosial Menggunakan Transaksi COD


1. Fisik Handphone


Fisik handphone disini harus kalian perhatikan, kebanyakan orang mengira dengan melihat fisik atau kondisi handphone yang masih mulus semua kondisi dalam handphone normal, akan tetapi semua itu tidak selalu benar ada kok yang emang fisiknya bagus tapi ada problem dalam smartphone tersebut, saran saya cek benar-benar.

2. IMEI 


IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari beberapa angka, jika tidak ada IMEI maka hanphone tersebut tidak bisa digunakan apa apa, dan biasanya jika IMEI Null atau 000 maka smartphone tidak bisa digunakan untuk apa apa, karena sinyal tidak muncul, sinyal bisa muncul tapi tidak bisa digunakan atau kasus yang lain.

Bagaimana Cara Cek IMEI ?

Cara cek IMEI yaitu kalian hanya cukup menekan tombol *#06# untuk semua tipe smartphone sama menggunakan dial tersebut.

3. Charger Hp dan Port Charger Pada Hp


Jika barang yang ingin anda beli fullset silahkan cek terlebih dahulu casnya, caranya dengan menancapkan cahargernya ke handphone kalian apabila masuk charger normal dan kemudian coba colokkan pada smartphone yang ingin anda beli dan apabila hasilnya sama maka keduanya bisa dikatakan normal.

4. Baterai


Baterai disini harus bener-bener di cek karena komponen yang penting sebagai sumber daya atau energi agar bisa menyala dan digunakan. Cara cek kondisi baterai yaitu dengan cara sebagai berikut:

-Kondisi fisik baterai (pastikan tidak hamil atau mengembung).

Matikan ponsel setelah itu kamu cabut baterainya dan pasang kembali apabila turunnya sangat drastis maka perlu dicurigai, misal awalnya 80% menjadi 40% itu sangat tidak wajar bisa difonis baterai drop.

-Dengan cara mencharger, kebanyakn handphone diluar sana jika normal mencharger butuh wkatu yang lama agar baterai dayanya terisi penuh, jika baterai drop untuk pengisian daya sangat cepat dan habisnyapun juga sangat cepat.

5. Segel dan Grat Baut

Segel disini menandakan bahwa smartphone tersebut belum pernah rusak , jika masih ada maka handphone belum pernah masuk rumah sakit, tapi segel bisa dibuat mase cara mengetahuinya gimana? cara mengetahuinya yaitu dengan cara melihat drat pada bautnya jika sudah agak lecet patut dicurigai meski segel nempel.

6. Kamera Depan Belakang

Kamera tentu harus kalian cek agar memastikan bahwa smartphone bener-bener normal untuk cara pengecekan kamera cukup dengan masuk kedalam kamera lihat kondisinya jernih atau blur apa ada halangan kalian bisa skip dan cari yang lain.

7. Touch Screen/layar sentuh

Cara cek touch screen untuk samsung bisa menggunakan dial *#01*# untuk samsung dengan menekan dial disamping kalian bisa mengecek semuanya disitu termasuk touch screen, untuk tipe handphone yang lain kalian harus menagktifkan mode pengembangan dan ceklist pada bagian Tampikan sentuhan dan Lokasi Penunjuk, kemudian kalian geser geser dari bawah ke atas atau kanan ke kiri apabila ada yang putus-putus dalam sentuhan tersebut maka ada problem touch screennya.

8. Microfon / perkam suara

Microfon berfungsi untu menangkap suara pada saat melakukan recording atau telepon , jadi untuk cek berfungsi atau tidaknya kalian cukup dengan melakukan recording, misal suara sudah jernih saat recording maka sudah bisa dikatakan normal

9. Sensor

Sensor adalah salah satu fitur yang semua smartphone punya terutama pada saat melakukan panggilan, jika ponsel didekatkan ketelingga otomatis akan mati dan bagaimana cara ceknya kalian bisa menggunakan aplikasi Sensor Box Fix apabila tersilang semua maka sensor rusak atau tidak terpasang dengan baik.

10. Speaker

Cara cek sepaker handphone yaitu cukup dengan memutar sebuah lagu atau vidio, misal normal suara lantang dan jernih apabila ada masalah suara yang dihasilkan tidak keras dan tidak jernih (gemerserk)

11. Fingerprint

Fingerprint memang tidak semua hp ada namun fingerprint ini perlu kalian cek dengan memasukkan tangan ke papan fingerprint jika tidak ada kenadala bisanya smartphone akan bergetar.

12. Account Clodu dan Account Google

Smarphone sekarang sudah di sediakan atau mempunyai sistem keamanan yang luar biasa, jadi apabila kalian sudah fix cocok dengan smartphone tersebut untuk semua account didalamnya suruh log out terlebih dahulu agar nantinya saat direset tidak ada kendala seperti memasukkan account google dan Account Cloud.

13. Tombol (Power, Home, Recent, Volume Up dan Down)

Bagian tombol ini harus anda cek satu persatu dengan cara menekannya apa sudah berfungsi atau belum

14. Wifi dan Bluetooth

Biasanya wifi dan bluetooth ini kadang bisa nyala kadang juga tidak mangkanya saya sarankan jika membeli cek wifi fan bluetooht

15. Slot Sim dan Memori Card

Pasang sim car dan mempri card jika sudah terdeteksi menandakan bahwa tidak ada kerusakan dalam bagian slot card dan slot sim

16. Port Headset

Jika anda COD membeli barang yang fullset(lengkap) otomatis sudah  ada headsetnya jadi tinggal kamu colokkan ke dalam port dan play musik jika bunyi dalam headset maka tidak ada kerusakan dalam portnya dan sebaliknya jika tidak bunyi maka ada problem

17. Brightness atau Kecerahan

Jika ada problem misal kecerahan tidak bisa di turunkan atau tidak bisa di atur otomatis ada problem dalam ponsel tersebut

18. Lanscape/ Rotsi

Rotasi disini menurut saya gabung dengan sensor jadi silahakna kalian cek rotasinya jika bisa maka hp tidak ada kendala atau kerusakan.

19. LCD

LCD disini sangat perlu kalian cek benar-benar supaya nantinya tidak menyesal saat sudah membayar dan membeli barang tersebut, caranya kalian bisa menggunakan background berwarna untuk cek bahwa LCD aman dari fliker dan lain-lain.

Mungkin itu saja yang bisa saya tulis kali ini semoga bisa dimengerti dan bermanfaat untuk anda semua yang sudah membaca, jangan lupaa share dan beri kritikan mengenai artikel ini jika ada kekurangan saya minta maaf yang sebesar-besarnya.